Tak terasa, wabah COVID-19 sudah menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia lebih dari sebulan yang lalu. Sampai tulisan ini dibuat jumlah kasus positif yang terdeteksi sudah mencapai lebih dari 4.000 kasus di seluruh wilayah Indonesia.

Pulau yang paling banyak terdapat kasus positif corona ada di Pulau Jawa. Jika di-breakdown lagi, provinsi yang paling tinggi kasusnya ada di DKI Jakarta, disusul Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, kemudian Jawa Tengah. Beberapa hari terakhir kasus di Sulawesi Selatan semakin meningkat sehingga menyalip jumlah kasus yang ada di Jawa Tengah.

Sementara itu, provinsi dengan jumlah kasus positif paling sedikit sejauh ini adalah provinsi Gorontalo dan NTT (Nusa Tenggara Timur), masing-masing hanya terdapat 1 kasus positif . Dengan demikian, kasus positif corona di Indonesia sudah ada di setiap provinsi di Indonesia.

Jika diperhatikan secara jeli, ada beberapa wilayah yang jumlah kasus positifnya berkurang dari hari sebelumnya. Hal ini memungkinkan karena ada beberapa pasien positif corona yang dinyatakan sembuh pada hari-hari berikutnya.

Data berikut diambil dari @kawalcovid19, kemudian divisualisasikan berdasarkan persebaran wilayah menurut provinsi maupun kepulauan. Animasi data race berikut dibuat dengan menggunakan tools Flourish Studio, perangkat visualisasi data dan storytelling. Klik nama pulau/kepulauan untuk melakukan filter berdasarkan provinsi yang ada di pulau/kepulauan tersebut.

Semoga visualisasi ini bisa memberikan gambaran buat siapa pun yang tertarik mengamati perkembangan kasus positif corona secara harian di Indonesia.