Halo! Salam kenal, pembaca…

Terima kasih sudah berkunjung ke blog personal sekaligus profesional saya, baik secara sengaja maupun secara tidak disengaja. Sebagai informasi, blog ini sudah ada sejak tahun 2011.

Blog ini dikelola dengan sepenuh hati sebagai wadah untuk menuangkan catatan dan sudut pandang saya sehari-hari dalam bentuk tulisan. Semua konten yang ada di blog ini menjadi salah satu ikhtiar saya untuk terus menulis dan mendokumentasikan hal-hal yang pernah dialami dan dipelajari dengan cara yang baik. Jika tulisan-tulisan di blog ini kurang berguna bagi pembaca, setidaknya ia masih berguna buat saya. Seperti sabda Rasulullah: “ikatlah ilmu dengan menuliskannya”.

Blog ini tanpa disadari juga merupakan salah satu karya profesional saya sebagai web developer. Blog ini adalah web berbasis WordPress yang pernah saya bikin dan usianya paling tua. Sebelumnya, saya lebih dulu menulis di platform blog atau UGC gratisan seperti Blogspot, Tumblr, maupun Kompasiana. Saya sendiri lebih nyaman disebut sebagai blogger ketimbang penulis.

Saya sudah berkali-kali mengganti konsep dan memodifikasi blog ini. Sekaligus belajar banyak hal tentang bagaimana memanfaatkan WordPress sebagai platform content management systems (CMS) yang paling populer di dunia saat ini. Kelak, WordPress menjadi salah satu CMS favorit saya saat membangun peradaban web yang cepat, murah, sekaligus andal.

Sebagai orang biasa yang memiliki latar belakang di bidang IT, saya memiliki ketertarikan pada topik-topik seperti pemrograman web (baik di sisi front-end maupun back-end), optimasi SEO dan analytics, e-commerce, big data & visualization, juga augmented reality. Beberapa CMS lain yang sempat saya pelajari seperti Joomla, Drupal, Prestashop, juga Shopify.

Selain cukup menguasai bahasa HTML, CSS, JavaScript, dan PHP, saya juga menggemari framework Bootstrap. Oya, belakangan saya sedang tergila-gila (sembari belajar) dengan bahasa pemrograman populer bernama Python.

Saat ini saya masih bekerja penuh sebagai webmaster, freelance web developer untuk beberapa proyek, juga sebagai dosen praktisi di jurusan Sistem Informasi. Di sela-sela pekerjaan, saya juga tertarik menghabiskan waktu sembari minum kopi, membaca buku, mendengarkan musik, menonton film, serta terus mengikuti perkembangan klub sepakbola kebanggaan saya, Liverpool FC.

–Aditya Rizki