Ruang

Akhirnya Bisa Ngeblog Lagi

Tak terasa sudah hampir satu dasawarsa lalu saya pertama kali ngeblog. Jika diingat-ingat, dulu awalnya blog ini adalah hasil pindahan dari Blogspot. Karena sedikit demi sedikit kepikiran untuk mengembangkan blog ini, mulailah tahun 2011 saya punya domain sendiri.

Meski sudah punya domain sendiri, saya masih memakai template gratisan. Pada masa-masa itu juga perlahan-lahan saya mulai mendalami blogging secara lebih mendalam. Belajar ngedit script HTML, PHP, dan JavaScript, kemudian cara menginstal sebuah web ke dalam hosting maupun VPS, manajemen dan optimasi server, optimasi plugin dan SEO untuk WordPress, hingga belajar menjadi web administrator.

Sampai di kemudian hari saya bingung dengan fokus keahlian saya. Entah disebut sebagai web developer, web designer, web administrator, sampai webmaster. Apapun namanya itu, tetap terus belajar agar semakin baik.

Perjalanan blog ini memang naik turun. Ada masa saya bisa nulis empat artikel per bulan. Ada masa saya tidak menulis satu pun artikel sama sekali. Waktu terasa begitu mahal. Niat awal saya punya blog ini tak lain sebagai wadah saya belajar menulis dan menuangkan beberapa catatan dan hasil belajar saya agar tidak lupa begitu saja.

Karena memang tidak selalu update setiap hari, web ini cenderung aman dan terus dijaga. Bila ada sedikit gangguan seringkali bisa dengan mudah diatasi. Web ini seringkali juga saya gunakan untuk ujicoba beberapa plugin CMS WordPress sebelum saya coba terapkan ke web yang lain.

Kemarin ndilalah web ini mengalami masalah yang cukup aneh. Masalahnya sederhana, saya tak bisa login ke halaman dashboard blog ini. Sudah dicoba dengan berbagai username dan password tetap tak bisa. Ketika dicek di bagian database, ternyata ada beberapa tabel yang raib entah kemana sehingga tak bisa diakali melalui settingan wp-user dan wp-options.

Untungnya bagian wp-posts tidak hilang. Sehingga saya punya ide untuk menginstal ulang blog ini dengan cara ekspor-impor isi tabel tersebut. Selain itu juga sekalian merefresh taksonomi pengkategorian blog agar lebih simpel dan tidak membingungkan. Mumpung punya sedikit tabungan akhirnya kesampaian juga saya membeli template blog bernama Blog Way Plus dari Promenade Themes. Memang sengaja memilih tampilan yang clean dan responsive.

Pengkategorian blog ini sekarang dibagi atas Coding, Ragam, dan Ruang. Coding akan berisi tulisan dan catatan saya seputar dunia pemrograman. Ragam akan diisi dengan artikel-artikel review dan ulasan atas banyak hal. Sedangkan ruang akan berisi tulisan-tulisan opini pribadi.

Kehilangan data memang menyakitkan. Tapi ya sudahlah, toh semua sudah bisa diperbaiki. Meskipun ada beberapa cacat seperti gambar feature image di postingan lama blog ini tidak muncul, tetapi gambar-gambar dalam postingan masih muncul kok. Tak perlu kecewa berlebihan. Yang penting postingan-postingan lama dari zaman masih copy-paste dari banyak sumber sampai bisa nulis sendiri masih tersimpan rapi dalam blog ini.

Semoga ke depan masih bisa merawat blog ini agar lebih berisi dan update terus. Gitu saja ya. Akhirnya, sekarang sudah bisa ngeblog lagi, yeah!