Coding

Mengatasi ‘Fatal Error Memory’ pada WordPress

Ketika sedang asyik mengoprek WordPress, terkadang kita menemui sebuah error yang tertulis seperti ini:

Fatal error: Allowed memory size of x bytes exhausted

Error tersebut seringkali saya temui ketika sistem WordPress yang sedang digunakan terlalu banyak memakan memori. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan memori menjadi penuh, sehingga memunculkan pesan error. Salah satunya yaitu karena terdapat plugin WordPress yang menguras banyak memori, karena setiap kali pengguna mengakses web kita, plugin tersebut akan aktif. Misalnya plugin-plugin hits counter artikel atau plugin yang menghitung jumlah kunjungan ke situsweb dalam periode waktu tertentu.

Error tersebut dapat diatasi dengan cara menonaktifkan plugin yang dimaksud. Namun, cara tersebut kurang efektif. Error tersebut dapat juga diakali dengan mengubah nilai konstanta yang sudah diset secara default oleh WordPress.

Bagaimana caranya?

Masuk folder wp-includes, kemudian cari file default-constants.php. Edit kode dalam default-constants.php dengan mengubah nilai ‘memory limit’ dari yang semula 40M ke 128M. Jangan lupa klik Save setelah mengubah nilai tersebut.

Saya sudah mencoba trik tersebut dan ternyata berhasil. Jika masih belum jelas bisa mainkan video berikut, dari sinilah trik tersebut saya dapatkan:

 

  • Aidia_mj

    Saya sudah mecoba tidak bisa kata penyedia hosting di suruh updrage lagi….

    • biasanya tergantung hostingnya juga sih, kalo memang tidak bisa mau gak mau memang harus upgrading