Coding

Menerjemahkan Penanggalan WordPress ke Bahasa Indonesia Lewat Edit Kode

Secara default, penanggalan WordPress menggunakan bahasa Inggris. Kebutuhan untuk menerjemahkan penanggalan ke dalam bahasa lokal, misalnya Bahasa Indonesia, terkadang menjadi sangat penting. Alasannya yaitu agar situsweb yang kita kembangkan dalam bahasa Indonesia tampak lebih konsisten dalam hal penggunaan bahasa.

Salah satu cara untuk menerjemahkan bahasa dalam WordPress yaitu dengan mengubah bahasa standar saat pertama kali melakukan instalasi atau dapat diubah melalui dasbor di bagian menu Setting. Masalahnya, pada beberapa theme WordPress, cara tersebut seringkali tidak bekerja. Developer harus mengedit kode utama WordPress yang berkaitan langsung dengan penanggalan. Lalu, di manakah letak file yang dimaksud? Simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Masuk ke dalam folder induk wordpress, kemudian cari subfolder wp-includes
  2. Di dalam subfolder wp-includes akan terdapat banyak file dan folder. Temukan file locale.php, kemudian buka dengan aplikasi teks editor yang Anda miliki (saya biasanya menggunakan Sublime atau Notepad++)
  3. File locale.php memuat barisan kode tentang lokalisasi penanggalan dalam WordPress. Secara default, bahasa penanggalan WordPress adalah bahasa Inggris. Oleh karena itu, kita cukup mengganti nama bulan dan hari yang berbahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia. Gambar di bawah ini merupakan contoh ketika file locale.php dibuka. Kita cukup mengganti bagian yang diperlukan, misalnya (‘Sunday’, ‘Monday’, ‘Tuesday’, dsb…) menjadi (‘Minggu’, ‘Senin’, ‘Selasa’, dsb…).

penanggalan_wp

Belum berhenti sampai di situ. Penanggalan di Indonesia biasanya menggunakan format, misal ’12 April 2015′, ketimbang menggunakan format standar internasional, misal ‘April 12, 2015’. Format penanggalan, misalnya jika standar format penanggalan pada PHP adalah “F j, y”, maka tinggal mengganti dengan format “j F y”.  Untuk mengubah format penanggalan tersebut biasanya bergantung pada template halaman situsweb yang digunakan. File tersebut biasanya dapat dicari dan di-edit di bagian menu dasbor Setting > Appearance > Editor, misalnya dalam file content.php.

Lokasi untuk format penanggalan posting dalam artikel biasanya berbeda-beda untuk setiap template. Namun, jika Anda beruntung, kita sebenarnya tidak perlu mencari file-file yang berisi format penanggalan posting. Kita cukup mengubahnya di halaman dasbor WordPress. Caranya yaitu dengan masuk ke menu Settings > General > Date Format. Isikan kolom bagian di bagian custom dari yang sebelumnya “F j, y” menjadi “j F y”.