Uncategorized

Membuat Bagian Dokumen HTML5 Terdistribusi

Sangat penting untuk membuat semua atau sebagian konten sebuah halaman terdistribusi. Contohnya pada forum diskusi, blog, komentar pebaca, dan hal lainnya yang berhubungan dengan distribusi atau sindikasi. Tujuan tag struktur ini bukan merupakan alternatif untuk membagi dokumen HTML kita ke dalam sesi-sesi. Akan tetapi, ini digunakan untuk mengidentifikasi porsi suatu dokumen yang ingin kita jadikan secara independen dan dapat terdistribusi dari keseluruhan dokumen.

Karena elemen <article></article> adalah independen, maka elemen ini mempunyai sesi dan subdivisi sendiri. Kita dapat membuat elemen terdistribusi yang lain dengan memberi cakupan dalam elemen <article></article>. Berikut merupakan contoh penggunaan elemen tersebut :

<article>
<section id="mixing">
<h2>The proper way to mix ingredients</h2>
<p>When using a stand-mixer, it is important that you do not over mix the ingredients…</p>
</section>
<section id="baking">
<h2>Proper baking techniques</h2>
<p> It is important that you bake your cheesecake using a lot of moisture in the oven…</p>
</section>
</article>

Tampak bahwa elemen <article></article> berfungsi sebagai dokumen independen (berdiri sendiri) dan bukan merupakan bagian dari dokumen yang lebih besar. Dengan demikian, ketika konten tersebut sifatnya terdistribusi, maka akan dapat dibaca dan diketahui secara mudah.