Uncategorized

Tutorial Basis Data dengan MySQL : Studi Kasus IV (Kesimpulan)

Berdasarkan studi kasus basis data denga MySQL mengenai Implementasi Rancangan Basis Data Situs Jejaring Sosial yang telah dijelaskan pada tutorial sebelumnya, secara umum dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut terkait perintah dan penggunaan command MySQL yang sering digunakan :

  1. Suatu kolom yang didefinisikan dengan CONSTRAINT NOT NULL tidak boleh berisi nilai NULL. Kolom yang berfungsi sebagai kunci primer (primary key ) otomatis tidak boleh NULL.
  2. CONSTRAINT PRIMARY KEY(PK) membentuk key yang unik untuk suatu tabel. Kolom yang didefinisikan sebagai PRIMARY KEY akan mengidentifikasikan suatu baris data menjadi unik. Selain itu pada field yang didefinisikan sebagai PRIMARY KEY tidak boleh berisi NULL.
  3. CONSTRAINT FOREIGN KEY(FK) didefinisikan pada suatu kolom yang ada pada suatu table, dimana kolom tersebut juga dimiliki oleh tabel yang lain sebagai suatu PRIMARY KEY. Penggunaan FOREIGN KEY ini dimaksudkan untuk membentuk suatu relasi antar dua tabel atau lebih.
  4. Dengan menggunakan PK dan FK memungkinkan untuk menghubungkan antar tabel dalam database. Key juga dapat digunakan untuk menggabungkan table (dengan menggunakan FK dan PK). Tujuannya adalah menggabungkan data antara table tanpa mengulangi semua data pada setiap tabel.
  5. Syntax JOIN diperlukan untuk mendapatkan suatu gabungan data dengan cara menggabungkan dua tabel atau lebih dan hasil query-nya merupakan suatu tabel baru yang berisi gabungan data dari tabel yang di-join.
  6. LEFT JOIN akan menampilkan tabel di sebelah kanannya dengan NULL jika tidak terdapat hubungan antara table sebelah kiri.
  7. Syntax GROUP BY digunakan untuk mengelompokkan data berdasarkan ekspresi group.