Uncategorized

Tutorial PHP : 6 Fungsi Powerful pada PHP

PHP merupakan bahasa pemrograman web yang paling banyak digunakan saat ini. Hal ini tidak lepas dari fitur PHP yang menyediakan berbagai ibrary, baik asli dalam paket PHP maupun buatan third-party. Banyaknya jumlah fungsi PHP membuatnya sangat sulit untuk dihapalkan seluruhnya. Padahal, beberapa fungsi yang jarang diketahui merupakan fungsi yang powerful yang bisa kita manfaatkan.

Jarang programmer baru yang mau membaca seluruh dokumentasi PHP sehingga jarang pula yang mengetahui keberadaan fungsi-fungsi berikut. Kebanyakan fungsi yang akan dibahas pada tulisan ini adalah fungsi yang sering dimanfaatkan oleh programmer profesional yang telah mendalami PHP sehingga mengerti pentingnya keberadaan fungsi ini. Berikut merupakan bahasan singkat beberapa fungsi tersebut.

1. Membuat Fungsi dengan Jumlah Argumen yang Tidak Menentu

PHP memiliki kemampuan membuat fungsi dengan argumen opsional. Biasanya, programmer akan menuliskannya sebagai berikut :

<?php
function multiple($arg1='', $arg2='')
{
echo $arg1.' '.$arg2;
}
multiple('Saya', 'Belajar', 'PHP');
?>

Hasil Output :

Saya Belajar

Kelemahannya adalah fungsi tersebut tidak dapat menangkap argumen sejumlah lebih dari yang dideklarasikan. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan fungsi func_get_args() seperti di bawah ini :

<?php
function multiple()
{
$args = func_get_args();
foreach($args as $arg)
{
echo $arg.' ';
}
}
multiple('Saya', 'Belajar', 'PHP');
?>

Hasil Output :

Saya Belajar PHP

Baca Selengkapnya Di Sini

Referensi : PC Mild Edisi 06/2011