Uncategorized

Peran Notifikasi dan Komentar pada Situs Jejaring Sosial

Dewasa ini telah banyak berbagai macam situs jejaring sosial dan forum komunitas yang memanjakan banyak pengguna internet untuk menggunakan aplikasi yang mereka tawarkan. Dengan segala kekurangan maupun kelebihan, masing-masing situs tersebut bersaing menjadi yang terbaik dan digemari oleh banyak user. Sebut saja layanan dan fitur yang disajikan oleh Facebook, Kaskus, Twitter, Plurk, dan masih banyak lagi situs yang sejenis.

Pada dasarnya situs jejaring sosial yang baru bermunculan sekarang ini merupakan sebuah evolusi kecanggihan fitur yang tidak terdapat pada situs jejaring sosial di generasi sebelumnya, sebut saja Friendster. Perubahan yang tampak salah satunya adalah adanya penggunaan notifikasi dan bentuk penyajian komentar.

Penggunaan Notifikasi

Notifikasi yang ada di beberapa situs jejaring sosial dan forum ini sebenarnya memiliki fungsi sebagai penanda event-event baru yang telah terjadi, dimana user belum mengetahui event-event tersebut. Menurut saya, penggunaan notifikasi sangat membantu user untuk mengetahui informasi terbaru tanpa harus membaca informasi yang sudah pernah dibaca oleh user.

Metode penampilan notifikasi berbeda-beda, misalnya dengan menggunakan hyperlink yang menandakan adanya informasi baru (Facebook dan Plurk), tulisan judul thread pada forum yang nampak tebal/bold (Kaskus), atau terkadang notifikasi dikirimkan melalui alamat email pengguna (biasanya bersifat opsional). Akan tetapi, penggunaan email untuk melakukan update informasi saya rasa kurang ideal, terutama apabila suatu kali ada banyak informasi yang baru, maka akan ada banyak sekali notifikasi yang tertampung (over load) dalam space email tersebut.

Penyajian Komentar

Komentar secara umum berfungsi untuk menanggapi status atau topik yang diberikan/ditulis oleh diri sendiri maupun orang lain. Pemanfaatan komentar biasanya menunjukkan rasa simpati maupun kepedulian kita atas status/topik yang dimaksud, baik komentar sesuatu yang baik (persetujuan) maupun sesuatu yang buruk (ketidaksetujuan). Namun, yang akan dijelaskan di sini adalah tentang bagaimana komentar disajikan dalam sebuah situs maupun forum.

Sejauh ini, mayoritas situs jejaring sosial dan forum-forum internet menggunakan metode turun ke bawah. Artinya jika ada komentar baru yang ditambahkan user lain, maka komentar tersebut akan ditambahkan di bawah komentar yang lain berdasarkan urutan waktu. Hal ini memudahkan dalam melihat/membaca informasi yang terbaru, yaitu dengan membaca komentar yang paling bawah. Jika seorang user ingin mengetahui jalannya pembicaraan, maka dapat membaca komentar-komentar tersebut dari atas ke bawah.

Apabila komentar yang ada sudah terlalu banyak, maka beberapa komentar yang paling awal (paling atas) dapat disingkat menjadi sebuah hyperlink yang jika di-klik akan menampilkan keseluruhan isi komentar, seperti yang dilakukan oleh Facebook.

Lain halnya dengan situs microblogging Plurk, dimana didalamnya menyediakan sebuah blok komentar dengan ukuran yang telah ditentukan, komentar-komentar yang datang akan ditampung dalam blok tersebut. Jika blok komentar tersebut sudah terlalu panjang, maka otomatis blok tersebut akan menampilkan scroll, yang berfungsi untuk membaca keseluruhan komentar satu per satu. Pada beberapa orang mungkin cara ini dirasa kurang efektif karena harus melakukan scroll yang kadang terlalu panjang (jika komentar banyak).

Saran untuk PLO

– Notifikasi harus disertakan, cukup dengan sebuah hyperlink yang berisi tulisan jumlah informasi yang baru. Apabila hyperlink tersebut di-klik, maka akan ditampilkan hanya informasi-informasi terbaru yang belum dibaca oleh user terdaftar itu sendiri.

– Penyajian komentar akan lebih baik jika disusun dengan teknik metode turun ke bawah (seperti Facebook) untuk menghilangkan kesulitan penggunaan scroll, sehingga user hanya perlu melakukan sekali klik untuk melihat komentar yang jumlahnya terlalu banyak.