Uncategorized

Menjadi Blogger yang Berkualitas

Kurang lebih dua tahun yang lalu saya memulai menggunakan media blog untuk berbagi tulisan kepada sesama pengguna internet. Meskipun di awal-awal saya sangat malas untuk mengupdate blog ini, tetapi seiring berjalannya waktu, dengan melihat berbagai macam blog yang sudah begitu sukses, saya jadi tahu bagaimana membuat sebuah blog yang berkualitas. Menurut saya, blog yang berkualitas tidak hanya unik, tetapi juga bisa memberikan pengetahuan, inspirasi, dan pencerahan kepada banyak orang.

Ukuran sebuah blog yang berkualitas dapat dinilai dalam beberapa hal. Beberapa diantaranya yaitu tulisan, layout, komentar, dan kepopuleran. Tulisan yang baik dalam dunia blogging adalah tulisan yang mudah dicerna oleh semua jenis kalangan. Mungkin bisa menggunakan penulisan judul yang unik dan persuasif, penggunaan gaya bahasa yang kreatif, hingga bentuk tipografi yang nyaman untuk dibaca. Ini tidak terlalu sulit jika Anda seringkali membaca tulisan-tulisan yang sering dimuat dalam berbagai surat kabar, majalah, atau buku-buku yang lain. Terkadang tulisan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang lain untuk selalu berkunjung ke blog Anda.

Jangan terlalu memaksakan diri untuk menjadi plagiator ketika kita tidak punya ide atau sesuatu yang ingin ditulis. Mencari waktu yang tepat untuk memunculkan ide tidaklah mudah. Ada baiknya kita menyimpan sebuah judul kemudian kita kembangkan berdasar pengalaman-pengalaman kita, kemudian menuangkan pikiran kita tersebut ke dalam sebuah bentuk tulisan yang indah. Kita boleh saja menuliskan apa yang sudah dituliskan oleh orang lain asal mencantumkan sumbernya. Dan ingat selalu bahwa apa yang kita tulis dalam blog kita adalah sesuatu yang berguna dan bermanfaat bagi orang lain. Seorang blogger yang berkualitas tidak hanya berharap blognya menjadi populer, tetapi citra seorang blogger yang baik juga harus tetap dijaga.

Sering saya melihat blog-blog yang hanya diisi dengan tulisan-tulisan yang tidak begitu menarik. Entah itu hanya ditulis dalam satu atau dua paragraf, tulisan yang tidak unik, hingga tulisan yang copy paste dari artikel/blog lain tanpa menuliskan sumbernya. Sehingga ketika mencari sebuah kata kunci dalam berbagai situs pencarian, kadang didapat beberapa blog dengan isi tulisan yang sama tanpa ada pengembangan sedikit pun.

Seorang blogger juga tak harus menulis tentang catatan hariannya (diary) ke dalam sebuah blog, karena jika terlalu sering maka blog Anda tentu akan mendapat sedikit pengunjung, karena tidak banyak pengunjung yang mengenal Anda. Oleh karena itu, cobalah sesekali untuk mengembangkan sebuah ide/pengalaman terhadap diri Anda sendiri, lingkungan sekitar Anda, atau memberikan pendapat mengenai sesuatu hal yang sedang hangat dibicarakan. Dengan begitu, maka pada saatnya nanti Anda menjadi seorang yang peka terhadap sekitar sekaligus berbagi kepada orang lain atas sesuatu yang bermanfaat, tidak hanya untuk diri sendiri.

Tulisan yang bermanfaat yang diperoleh dari tulisan lain dalam berbagai sumber yang menurut Anda bagus untuk dibagi kepada orang lain dan Anda merasa tidak banyak orang yang tahu, maka tak ada salahnya Anda mengutip atau bahkan menuliskannya kembali ke dalam blog Anda sebagai alternatif untuk mengisi kekosongan blog Anda dalam waktu tertentu.

Jangan lupa sertakan gambar-gambar interaktif dalam tulisan Anda untuk memperjelas paparan tulisan Anda, atau hanya sekedar gambar untuk menghias tulisan Anda agar lebih tampak indah dan sesuai dengan isi tulisan. Gambar-gambar tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di internet atau jika Anda kreatif, maka Anda akan membuat atau mencari gambar yang belum pernah ditampilkan sekalipun dalam internet. Misalnya jika tulisan Anda bercerita tentang perjalanan wisata Anda, tak ada salahnya jika Anda tampilkan beberapa foto kamera perjalanan Anda di blog tersebut. Atau jika tulisan Anda berisi tutorial mengenai penggunaan software komputer, ada baiknya Anda menyertakan screenshoot langkah-langkah yang Anda tuliskan.

Apabila Anda adalah seorang blogger pemula, maka cobalah untuk selalu menulis setiap waktu, tidak harus setiap hari tetapi harus konsisten. Suatu saat nanti, entah setahun atau beberapa tahun kemudian Anda akan merasa bahwa tulisan Anda sudah begitu banyak dan bermanfaat bagi orang lain. Jangan terlalu mengejar popularitas, karena itu akan datang dengan sendirinya jika Anda benar-benar seorang blogger berkualitas. Di luar sana banyak orang-orang yang punya popularitas tinggi tetapi isi blognya sangat membosankan dan tak berkualitas sama sekali. Kebanyakan dari mereka hanya mengandalkan iklan-iklan, kata kunci umum, atau dengan cara lain yang bisa membuat blognya dengan sengaja atau tidak sengaja dikunjungi oleh orang lain. Tak sedikit para pengunjung yang hanya melihat halaman depan blognya lalu langsung menutup (close) halaman tersebut karena tulisan yang dipaparkan tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Layout blog yang elegan akan lebih disukai banyak pengunjung. Layout dapat meliputi bentuk halaman yang ditampilkan atau juga pemilihan warna yang tepat. Layout sebuah blog yang baik yaitu dibuat sesederhana mungkin, tidak terlalu banyak animasi atau iklan sehingga tidak sedap dipandang. Jika pun Anda memasang iklan di blog Anda, taruhlah di bagian bawah yang tidak terlalu terlihat jika seseorang membuka pertama kali blog Anda. Juga gunakan warna/bentuk iklan sesuai dengan yang dipilih oleh blog Anda. Pemilihan warna dapat disesuaikan dengan tema blog Anda atau warna kesukaan Anda. Tentu tidak hanya satu warna yang digunakan untuk memoles blog Anda agar tampil lebih catchy. Jika Anda bingung memilih kombinasi warna yang tepat untuk blog Anda, silakan Anda cari di berbagai situs pencarian dengan kata kunci “web colour combination”. Di sana akan ada banyak sumber yang merekomendasikan pemilihan kombinasi warna yang tepat untuk sebuah web. Pilihlah salah satu kombinasi. Jangan terlalu idealis, karena semua orang mempunyai idealisme yang berbeda-beda. Lebih baik Anda satukan semua idealisme pemilihan warna tersebut agar orang yang melihat blog Anda tidak cepat merasa bosan.

Sebuah blog yang berkualitas dapat diukur juga dengan banyaknya jumlah komentar berkualitas yang hinggap di blog Anda. Karena komentar yang berkualitas muncul dari sebuah tulisan yang berkualitas. Komentar yang berkualitas adalah komentar yang secara langsung memuji isi tulisan Anda di atasnya, baik dengan sebuah kritikan atau pujian. Tulisan yang kontroversial kadang akan membuka blog Anda menjadi sebuah forum diskusi yang mengalir setiap waktu dengan adanya komentar-komentar tersebut. Jangan lupa tanggapi komentar-komentar tersebut secara halus. Ibaratnya Anda adalah seorang tuan rumah yang menjamu dan memberikan layanan kepada tamu-tamu Anda secara bijak. Jangan terlalu dominan terhadap salah satu pihak. Berikan tanggapan/ jawaban pertanyaan atas komentar tersebut diakhiri dengan pernyataan terima kasih atas kunjungannya ke blog Anda.

Popularitas sebuah blog biasanya ditentukan oleh seberapa banyak pengguna internet yang berkunjung ke suatu blog. Hal ini juga dapat diilihat dari urutan page rank dalam sebuah situs pencarian. Blog yang popular akan bertengger di halaman pertama ketika Anda mencari sebuah kata kunci yang terdapat dalam suatu tulisan. Kepopuleran menjadi hal yang penting, kadang kita tidak begitu popular di dunia nyata, tetapi justru popular di dunia nyata. Keduanya adalah dunia yang berbeda dan tentu saja jika dilakukan dengan benar-benar tidak mustahil Anda akan banyak dikenal di dunia nyata dan maya.

Berbagi kepada sesama blogger juga akan meningkatkan seberapa besar blog Anda dikenal banyak orang. Jangan sungkan untuk mengikuti blog orang lain dengan saling mem-follow link blog Anda. Semua blogger pasti mempunyai tujuan yang sama yaitu agar blognya dibaca oleh banyak pengguna internet, begitu juga Anda. Jadi, jika Anda ingin blog Anda dibaca dan dihargai orang lain, Anda harus menghargai blog orang lain, entah itu dengan membaca lalu memberikan tanggapan atas tulisannya atau dengan melakukan pertukaran link blog yang Anda miliki. Ini akan mempermudah Anda dalam mencari banyak pembaca, karena interaksi jaringan antar blogger menjadi semakin luas. Ingat, Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah blogger yang terbanyak di antara negara lain di dunia ini. Dengan kata lain, Anda tidak perlu bersusah payah mencari teman sesame blogger, jika perlu ajaklah teman atau kerabat Anda untuk berbagi melalui blog.

Untuk meraih sebuah popularitas ada kalanya kita juga harus sering-sering mengikutsertakan blog kita ke dalam berbagai ajang lomba blog. Lomba-lomba semacam ini seringkali digelar oleh beberapa instansi atau perusahaan sebagai media promosi atas produk/brand mereka dalam waktu tertentu. Jadi, cobalah berusaha untuk menjadi yang terbaik dari semua peserta yang mendaftar lomba tersebut. Setidaknya, kegiatan semacam ini juga dapat Anda jadikan sebagai media promosi bagi blog Anda agar semakin dilihat banyak orang, karena biasanya terdapat halaman khusus yang menampilkan list peserta yang mengikuti lomba tersebut.

Itulah beberapa saran dari seorang blogger untuk blogger. Penulis juga sadar bahwa blog yang telah dirintisnya selama ini masih harus banyak belajar dari kompetitor lain yang jauh lebih berkualitas. Blogger yang sudah mempunyai pengalaman dan formula khusus sehingga sampai detik ini banyak pembaca yang merasa salut atas karya-karyanya. Mari kita jadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang kritis dalam berbagai hal, juga dalam berbagai bidang yang kita kuasai. Pada intinya blogger yang berkualitas dalam pandangan saya adalah mereka-mereka yang punya semangat untuk berbagi kepada sesama, mereka-mereka yang peduli terhadap sekitar, dan mereka-mereka yang cinta terhadap bangsa ini agar lebih maju. Semoga bermanfaat. Salam blogger!