Uncategorized

Panduan Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan

Dulu kira-kira 5 tahunan yang lalu, harga laptop/notebook masih dibilang cukup mahal. Waktu itu, orang yang punya laptop hanyalah yang berduit lebih. Tapi kini secara perlahan-lahan, penggunaan laptop/notebook mulai mengalahkan penggunaan desktop saat ini. Alasannya adalah karena harga laptop sudah bisa dijangkau oleh berbagai kalangan.
Ada beberapa faktor yang turut mempengaruhi sebuah laptop. Diantaranya adalah merek, kualitas, komponen, ukuran, dan lain-lain. Panduan ini dibuat untuk memudahkan, terutama bagi pengguna komputer yang masih awam dan bingung mau membeli jenis yang mana.
Sebelum bertanya ke orang lain, ada yang harus ditanyakan kepada diri Anda sendiri. Pertanyaan itu adalah “Untuk keperluan apakah laptop itu nantinya?” Apakah Anda menggunakannya hanya untuk membuka Facebook, cek email atau mengetik sambil dengar MP3. Jika memang itu kegunaannya, maka Anda tidak perlu notebook dengan video card tercepat, harddisk kapasitas besar, atau spesifikasi lain yang lebih cocok untuk gamer. Anda dapat menghemat uang Anda, dan membeli laptop yang sesuai dengan kegiatan Anda tersebut.
Komponen Utama Laptop yang Wajib Diperhatikan
Seiring berjalannya teknologi, sudah banyak komponen untuk laptop yang ukurannya semakin kecil dan semakin hemat daya. Jadi selain bisa membuatnya menjadi lebih portabel, suara yang dihasilkan bisa semakin sunyi dan panasnya semakin berkurang.
Berikut ini adalah komponen yang wajib diperhatikan. Jika Anda tidak mengerti tentang teknis komputer, jangan khawatir. Di artikel ini akan dipaparkan secara lebih singkat mengenai hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan.

Processor
processor adalah otak utama sebuah komputer. Di situlah semua kalkulasi yang dilakukan oleh komputer terjadi. Oleh karena itu, processor menjadi komponen paling utama yang wajib diperhatikan. Processor diukur dalam GHz, misalnya 1,8 GHz. Angka tersebut menentukan berapa cepat processor itu menangani instruksi dalam cycle per second. Selain kecepatan, jumlah core processor juga jadi hal penting. Core adalah inti processor. Jadi bila processor Anda memiliki dua core, secara teori itu sama seperti menggunakan dua buah processor dalam sebuah komputer.
Saat ini, Intel berada di depan dalam keunggulan performa processor, diikuti oleh AMD. Processor yang berbasis Intel Core 2 baik Extreme maupun Duo berada di paling atas dalam urusan performa, baru diikuti oleh processor AMD Turion 64 X2. Di situs situs ini Anda bisa melihat hasil komparasi kedua processor tersebut.
Memory
Saat ingin membeli notebook, pasti kita ditawarkan produk dengan kapasitas memory yang berbeda-beda. Pertanyaannya adalah “Apakah dengan memory sekian MB itu sudah cukup?” Cukup tidaknya kapasitas memory, bisa diukur dari penggunaan OS dan jenis aplikasi yang nanti akan dipakai. Misalnya Anda ingin menggunakan Windows Vista, yang seperti kita ketahui membutuhkan memory minimal 512 MB.
Maka carilah notebook yang memiliki memory setidaknya 1 GB. Karena jika sistem mengalami kekurangan memory, ia akan memanfaatkan harddisk sebagai pengganti memory. Dan itu bisa memperlambat performa komputer. Inti utamanya adalah semakin banyak memory yang dimiliki, maka semakin bagus. Tidak seperti processor yang tidak bisa di-upgrade, memory pada laptop bisa ditambah di kemudian hari.
Harddisk
Saat ini, ada dua jenis media penyimpanan, yaitu harddisk dan SSD (Solid State Drive). Bila bicara masalah keunggulan performa, SSD lebih unggul karena lebih cepat, sunyi, dan konsumsi dayanya lebih rendah daripada harddisk tradisional yang biasa kita pakai. Namun, harga SSD saat ini masih sangat mahal. Oleh karena itu,laptop sekarang umumnya masih menggunakan harddisk.
Untuk kapasitasnya sendiri, bila Anda akan memakai laptop tersebut untuk menyimpan video, musik, dan foto, maka carilah harddisk berkapasitas besar, misalnya 320 GB. Tapi seandainya tidak besar pun tidak menjadi masalah, karena saat ini sudah banyak harddisk portabel berkapasitas besar yang bisa dijadikan tempat penyimpanan cadangan. Selain itu, harddisk juga bisa di-upgrade di kemudian hari.
Video Card
Ada dua jenis video card yaitu integrated dan dedicated. Video card integrated adalah video card yang memory-nya memanfaatkan memory utama (RAM). Sedangkan dedicated menggunakan memory sendiri. Untuk performanya, jelas lebih bagus dedicated. Oleh karena itu, video card dedicated lebih cocok dipakai untuk penggunaan game. Tapi bukan berarti yang integrated tidak bisa dipakai game. tetap bisa cuma performanya akan loyo bila dipakai untuk menjalankan game-game berat. Di situs ini Anda bisa melihat daftar benchmark terhadap video card untuk laptop atau mobile GPU.
Kategori Laptop Berdasarkan Ukuran Layar
Pada umumnya ukuran layar sebuah laptop akan mempengaruhi harga. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui laptop dengan ukuran seperti apa yang Anda inginkan untuk memuaskan Anda sendiri tentunya.
Desktop Replacement
Laptop yang berada di kategori ini adalah laptop dengan layar berukuran 14 dan 15 inci. Kategori ini merupakan yang paling umum, dan paling banyak produknya. Laptop di kategori ini hampir ideal untuk segala jenis kalangan pengguna, baik itu pebisnis, pelajar, gamer, dan lainnya. Jangkauan hargana pun sangat beragam. Mulai dari 5 juta sampai di atas 20 juta, tergantung komponen dan fitur yag diusung.
Ultraportable
Yang beada di kategori ini adalah laptop dengan ukuran 11-13 inici. Laptop ini umumnya ditujukan untuk kalangan pebisnis atau yang sering melakukan perjalanan. Jika Anda pikir harganya lebih murah dari Desktop Replacement, maka Anda salah. Pada umumnya, laptop ultraportabel harganya lebih mahal. Baterainya pun lebih awet, dan bobotnya lebih ringan daripada Desktop Replacement.
Netbook
terinspirasi dari OLPC, laptop yang ada di kategori ini memiliki layar 7-10 inici. Saat ini, umunya netbook menggunakan processor Intel Atom. Walaupun begitu, netbook hanya cocok untuk penggunaan komputer yang ringan seperti browsing, chatting, mengetik, dan pekerjaan-pekerjaan sederhana lainnya. Netbook juga memiliki keterbatasan hardware, seperti tidak ada drive optik dan touchpad yang kecil.
Gaming
Laptop untuk gaming biasanya memiliki layar berukuran 16 inci ke atas. Tujuannya agar saat bermain game, tampilannya lebih jelas dan lebih besar. Laptop kategori ini juga umum digunakan untuk aktivitas multimedia seperti video editing.
Untuk mengetahui detil ukuran layar notebook, Anda bisa kunjung situs ini atau ini.
Sumber : PC Mild Edisi 8/2009