Uncategorized

Plus Minus Siasat Perang Provider Indonesia

Dewasa ini jumlah pengguna telepon seluler semakin meningkat. Teknologi terbaru alat komunikasi seluler portabel memanjakan konsumennya dengan berbagai macam fitur andalan. Jangan heran jika mereka sering berganti-ganti gadget yang mereka inginkan. Selain penambahan fitur yang lebih canggih, harganya pun semakin turun untuk jenis keluaran lama. Berbagai jenis provider lokal juga semakin bervariasi menawarkan paket-paket komunikasi yang ditawarkan. Mereka saling berlomba untuk mendapatkan pelanggan secara aktif melalui berbagai media. Salah satunya yaitu promosi melalui iklan yang dipajang di berbagai media cetak dan elektronik.
Tidak jarang iklan tersebut menghipnotis pembacanya dengan kata-kata yang persuasif, menonjolkan hal-hal yang hebat dan menyembunyikan hal-hal yang sifatnya syarat atau ketentuan. Berbagai strategi sudah dilakukan masing-masing provider agar konsumennya selalu percaya atas layanan yang diberikan. Paket-paket layanan yang diberikan pun berganti-ganti setiap waktu, satu provider mengeluarkan layanan terbarunya, provider lain sudah menyiapkan seribu cara untuk ikut bersaing. Itulah beberapa strategi yang sedang dijalankan provider-provider lokal saat ini, sebut saja XL, Indosat, Telkomsel, 3, dan sebagainya.
Beberapa waktu yang lalu kami sempat mengamati sepak terjang provider-provider tersebut ketika menghadapi saat-saat sibuk telekomunikasi, yaitu hari menjelang dan sesudah Lebaran. Mengapa ? Karena di hari-hari itu semua provider pasti akan banyak menerima permintaan dari konsumen untuk melakukan hubungan komunikasi, misalnya untuk mengirim ucapan selamat Lebaran baik melalu pesan singkat (SMS), telepon, maupun jaringan internet (GPRS, 3G).
Berikut sedikit testimoni yang kami dapatkan dari masing-masing provider dari hasil riset yang telah dilakukan :

XL (www.xl.co.id)
Provider XL yang saat ini mengenakan jargon Nyambung Terus… ini merupakan provider yang sudah cukup lama menapakkan kakinya di Indonesia, yaitu sejak tahun 1996. Baru-baru ini XL merilis paket layanan terbarunya yaitu Paket XL Murah Sampe Puass, Paket Murah Berkali-Kali, Paket XL Harga CDMA, dan paket SMS. Semuanya mempunyai keunggulan tersendiri, tergantung dari pemakaian penggunanya.
Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan, ditemukan beberapa hal sbb :
– Iklan yang dilakukan kadang terlalu bombastis, sehingga mengesankan provider ini bersaing tidak secara positif. Bahkan pada suatu ketika pernah terjadi iklan yang dikeluarkan tidak pantas untuk ditayangkan.
– Layanan SMS cukup baik dengan menawarkan berbagai macam paket layanan yang tersedia tarif berbeda-beda untuk setiap waktu dan ketentuan tertentu. Meskipun demikian, masih terjadi delay (tunda) dan kegagalan pengiriman dalam frekuensi kecil.
– Layanan telepon sudah baik terbukti dalam masa-masa sibuk kualitas komunikasi cukup jernih. Jikalau ada gangguan komunikasi mungkin disebabkan karena sinyal yang lemah.
– Layanan internet untuk pengguna GPRS cukup baik, terbukti di masa-masa sibuk koneksi ke internet beberapa kali masih dapat terhubung dengan baik. Hanya di hari ke-3 setelah Lebaran koneksi internet sering gagal.
– Lalu lintas suara XL pada hari H Lebaran mencapai 925 juta panggilan meningkat 6 persen dibanding hari H Lebaran tahun sebelumnya sebanyak 870 juta panggilan atau dari sisi lama percakapan mencapai 630 juta menit, meningkat 40 persen dari sebelumnya hanya sekitar 450 juta menit.
– Trafik SMS tercatat 240 juta SMS, melonjak 140 persen dari 100 juta SMS tahun sebelumnya.
– Peningkatan layanan XL juga terjadi pada akses data/GPRS yang mencapai 2,44 terabytes, melonjak 328 persen dari sebelumnya hanya 0,57 terabytes.
– Secara nasional terjadi pergerakan pelanggan dari kota-kota besar ke sejumlah kota di daerah. Peningkatan trafik tertinggi terjadi di Jawa Tengah yang mencapai 68 persen, dan DI Yogyakarta 58 persen

Telkomsel (www.telkomsel.com)
Telkomsel merupakan salah satu jaringan komunikasi seluler yang paling banyak digunakan di Indonesia, sejak berdiri pada tanggal 26 Mei 1995. Untuk menjaga kedekatan dengan pelanggannya, operator seluler yang dikenal dengan produknya, seperti kartuHALO, Kartu simPATI, dan Kartu AS terus meluncurkan berbagai inovasi terbaru. Jargon yang dipakai Telkomsel saat ini adalah Begitu Dekat Begitu Nyata, slogan yang seolah-olah memanjakan konsumennya dengan hal-hal yang inovatif.
Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan, ditemukan beberapa hal sbb :
– Iklan yang dilakukan tidak terlalu dibesar-besarkan, tetapi masih bisa bersaing dengan yang lainnya.
– Layanan internet melalui TelkomFlash pada hari H Lebaran cukup baik dengan kecepatan rata-rata seperti pada hari-hari sebelumnya
– Telkomsel mencatat pada hari H Lebaran, jumlah SMS yang terkirim melalui jaringannya mencapai 594 juta SMS. Trafik sebanyak 594 juta SMS melonjak 65 persen dibanding layanan serupa pada hari biasa yang mencapai 360 juta SMS per hari.
– Operator dengan jumlah pelanggan terbesar di tanah air ini, sudah memiliki pelanggan sekitar 78 juta nomor.

Indosat (www.indosat.com)
Indosat merupakan salah satu provider seluler di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1967, usia yang paling tua dibanding provider lainnya. Oleh karena itu, Indosat sudah mempunyai pengalaman tersendiri di bidangnya yang membuat Indosat menjadi salah satu raja perusahaan telekomunikasi seluler Indonesia. Kini Indosat menawarkan berbagai paket layanan seperti Matrix, Mentari, IM3, dan StarOne. Semuanya memiliki keunggulan masing-masing sesuai dengan ketentuan yang diberikan.
Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan, ditemukan beberapa hal sbb :
– Iklan yang dilakukan sering melibatkan artis-artis muda, sehingga pada kenyataannya banyak anak muda yang terpengaruh untuk menggunakan provider Indosat. Bentuk iklan terkadang masih bersaing secara aktif dengan provider lainnya.
– Layanan SMS cukup baik, menurut pengamatan SMS yang dikirimkan lebih dari 90% berhasil. Akan tetapi, pada layanan tertentu delay/tunda penyampaian pesan masih terlalu tinggi.
– Layanan telepon sudah baik, terbukti pada hari H Lebaran jarang terjadi komunikasi yang buruk, dan suara yang dihasilkan jernih hingga ke pelosok daerah.
– Layanan internet baik, terbukti bahwa kegagalan koneksi selama pengamatan masih dalam taraf normal, seperti hari-hari biasanya.
– PT Indosat mengumumkan lalu lintas SMS pada Lebaran (hari H) mencapai 377,9 juta SMS, naik dibanding trafik hari biasa
– Untuk tingkat kesuksesan pengiriman SMS antar pelanggan, Indosat yang memiliki 28,9 juta pelanggan, mengklaim keberhasilannya mencapai lebih dari 91 persen.
– Kenaikan tertinggi terjadi di daerah Sumatra Selatan (32,4 persen), Sumatra Utara (22,3 persen), dan Jawa Timur (18,3 persen)

Provider 3 (www.three.co.id)
Provider ini merupakan provider yang berusia paling muda. Hadir di Indonesia sejak tahun 2007 yang merupakan layanan seluler yang diberikan oleh PT Hutchinson. Keberhasilan 3 meraih satu juta aktivasi dalam waktu tiga bulan sejak hari peluncurannya merupakan tonggak sejarah penting dalam perjalanan 3 di Indonesia.
Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan, ditemukan beberapa hal sbb :
– Dari sisi iklan, iklan yang selama ini dilakukan oleh provider ini tidak terlalu bombastis seperti yang dilakukan provider lainnya. Hanya mereka pernah mengundang beberapa pemain sepakbola internasional sebagai bintang iklan mereka beberapa waktu lalu, yang tentu saja membutuhkan biaya yang cukup besar.
– Layanan SMS sudah baik, bahkan dalam penggunaanya sudah bisa memberikan ratusan SMS secara gratis ke sesama operator.
– Layanan telepon juga sudah cukup baik, hanya terkadang masih sering terjadi error ketika melakukan hubungan komunikasi, meskipun sinyal yang didapat cukup kuat.
– Layanan internet juga sudah mampu memenuhi tingkat kepuasan pelanggannya serta sudah mampu bersaing dengan provider lainnya untuk jenis layanan yang sama.

Berdasarkan pengamatan dan data yang diperoleh di atas dapat diketahui bahwa tidak mudah untuk membandingkan antar satu provider dengan provider lainnya. Hal ini disebabkan karena masing-masing provider mempunyai keunikan tersendiri, misalnya adanya ketentuan/syarat yang berbeda, jenis layanan yang berbeda, serta strategi yang berbeda. Pada Lebaran 2009 ini, seluruh operator mengklaim tidak mengalami kendala berarti dalam memberikan layanan kepada konsumen. Pengiriman SMS yang pada beberapa tahun lalu sering terkendala atau baru sampai kepada penerima dalam hitungan jam bahkan pada hari berikutnya, pada tahun ini tidak terjadi lagi. Kualitas jaringan yang handal saat penyelenggaraan hari besar keagamaan itu, sebelumnya sudah diperkirakan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI).
BRTI pada 14 September 2009, melakukan pengujian terhadap jaringan telekomunikasi menjelang Lebaran dengan 4 tujuan, yaitu Jakarta – Merak, Jakarta – Cirebon, Jakarta – Cianjur – Garut, dan Semarang – Yogyakarta – Solo. Berdasarkan pengujian tersebut, rata-rata tingkat keberhasilan panggil semua operator atau “Succesfull Call Ratio Rate”-nya di atas 95 persen. Hal ini membuktikan bahwa tingkat keberhasilan dalam melakukan telekomunikasi seluler di Indonesia semakin hari semakin baik dan mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah.

Sumber data :
http://www.antaranews.com/berita/1253823399/jaringan-aman-operator-seluler-raup-keuntungan

Dibuat oleh kelompok 1:
1. Angga Pratama S.
2. Ninan Kara G. N.
3. Hanindito
4. Canggih Puspo W.
5. Pandu Arizona S.
6. Aditya Rizki Y.