Uncategorized

23 Tips Pencarian Google (Bagian II)

13. I’m Feeling Lucky. Masukkan kata yang akan dicari kemudian klik tombol ini pada homepage Google untuk memotong daftar hasil yang panjang dan Anda akan diantar langsung ke halaman Web paling sesuai dengan keinginan Anda.
14. Google dapat menjadi wartawan bagi Anda. Google News, yang bisa dicapai melalui link “News” di atas kotak pencarian atau di news.google.com, menyediakan informasi terkini dalam bidang politik, bisnis, teknologi, hiburan, kesehatan, olahraga, dan sebagainya. Ketik sebuah topic yang Anda minati ke dalam kotak pencarian Google News untuk mendapatkan cerita paling baru dari lebih dari 4500 sumber berita dunia.
Tip bonus : Agar bisa terus mengikuti pemberitaan tentang sebuah topic, daftarkan diri ke google.com/alerts untuk mendapatkan email berisi ringkasan berita terkini serta link ke situs-situs Web yang memberitakannya.
15. Google dapat menjadi peramal cuaca. Ketik weather diikuti dengan kode pos atau nama kota, maka Google akan memberitahukan keadaan saat ini dan ramalan untuk empat hari mendatang di bagian atas halaman pencarian.
16. Menjadi seorang peneliti. Google cenderung menghadirkan daftar halaman paling popular dan paling baru di bagian atas hasil pencarian, tetapi coba buka halaman kedua, ketiga, dan seterusnya, maka Anda sering bisa menemukan halaman yang bagi orang lain tidak penting tetapi berharga sekali untuk proyek penelitian Anda. Juga periksa versi “cached” untuk halaman Web tersebut yang telah dihimpun oleh Google sewaktu merambah belantara Internet dan men-download isinya. Anda tinggal mengklik link berwarna biru di ujung setiap hasil pencarian. Versi cached adalah versi lama sebuah halaman, dan sering memiliki isi yang Anda perlukan bahkan meskipun halaman tersebut telah diperbaharui-misalnya, sebuah situs berita yang telah menghapus cerita lama atau cerita asli.
Tip bonus: Versi cached juga membuat kata yang Anda cari tampil menonjol dengan warna pada halaman yang memuat kata tersebut. Ini terutama berguna ketika Anda harus membuka-buka dokumen yang panjang.
17. Menjadi sarjana. Pencari serius dapat mngambil informasi dari seribuan jurnal ilmiah dan akademik dengan menggunakan Google Scholar. Masukkan kata Anda ke dalam kotak pencarian di scholar.google.com untuk mendapatkan abstrak dan makalah dari sumber-sumber yang menerbitkan makalah tersebut.
18. Karakter ajaib ~. Karakter yangdisebut tilde “~” di ujung kiri atas papan ketik Anda merupakan alat sangat berguna dlam pencarian Google. Ketik karakter ini di depan sebuah kata, tanpa spasi, untuk meminta Google mencari halaman-halaman berisi kata tadi atau sinonimnya.
Contoh: Pencarian dengan mengetikkan ~auto akan menghadirkan halaman-halaman Web yang memuat kata-kata car, truck, automobile, dan sebagainya.
19. Perbanyak hasil pada tiap halaman. Link “Preferences” di sebelah kanan kotak pencarian Google memungkinkan Anda mengubah bermacam-macam setelan untuk pencarian Google, termasuk jumlah hasil yang ditampilkan per halaman. Naikkan jumlah hasil pencarian per halaman dari 10 yang baku menjadi 20, 30, atau lebih, supaya dapat memperoleh jawaban lebih banyak dalam satu detik.
20. Penerjemahan ke dalam bahasa lain. Link “Language Tools”, juga di sebelah kanan kotak pencarian di homepage, mengantar Anda ke pelayanan penerjemahan otomatis Google dengan sejumlah bahasa yang tersedia. Dari halaman ini, Anda dapat menerjemahkan teks dari sejumlah bahasa ke bahasa lain (English to Spanish, French to German, Chinese to English,…) atau menerjemahkan sebuah halaman cukup dengan memasukkan alamatnya.
21. Mengetahui harga saham dalam seketika. Ketik stock ticker symbol ke dalam kotak pencarian untuk mendapatkan harga saham dan grafik untuk perusahaan terbuka mana pun yang terdaftar di New York Stock Exchange, American Stock Exchange, atau NASDAQ.
22. Dapatkan hasil yang lolos sensor. Pencarian menyangkut topic serius seperti sex education bisa memunculkan hasil yang tidak untuk semua umur, Google menyediakan pilihan untuk mengaktifkan SafeSearch Filter supaya hasil pencarian bisa family-friendly. Klik link “Preferences” di sebelah kotak pencarian untuk melihat dan mengatur setelan SafeSearch (pilih dari “strict”, “moderate”, atau beberapa filter).
23. Melongok ke dalam Google. Klik link “more>” di atas kotak pencarian untuk menemukan fitur dan produk Google lain serta petunjuk-petunjuk lebih lanjut tentang melakukan pencarian secara efektif. Kunjungi panduan pencarian sehalaman yang sangat praktis di google.com/help/cheatsheet.html. Tip bonus: Lihat inovasi-inovasi Google untuk masa mendatang—seperti pencarian TV, pencarian pribadi, penemuan lokasi taksi waktu nyata (real-time taxicab locator), dan lain-lain—di Google Labs. Cukup ketikkan “Google Labs” ke dalam kotak pencarian Google. Selanjutnya tinggal Gooooooooood luck! Semoga berhasil!

Sumber : Kisah Sukses Google (David A. Vise) edisi Bahasa Indonesia