Uncategorized

23 Tips Pencarian Google (Bagian I)

1. Google dapat menjadi buku telepon. Ketik nama seseorang, kota, dan negara bagian ke dalam kotak pencarian, maka Googele akan memberikan daftar nomor telepon dan alamat yang paling Anda cari. Fitur ini juga berlaku untuk keperluan bisnis.
Tip bonus : Google juga dapat bekerja kebalikannya; jika yang Anda miliki hanya nomor telepon, ketikkan nomor itu, maka Anda akan mendapatkan hasilnya.

2. Google dapat menjadi kalkulator. Ketik sebuah soal matematika ke dalam kotak pencarian maka Google akan mengolahnya. Anda dapat menuliskan persamaan atau soal dengan kata-kata (two plus two, twelve divided by three), menggunakan angka-angka dan symbol (2+2, 12/3), atau mengetikkan kombinasi keduanya (ten million*pi, 15% of six)
3. Lebih panjang lebih baik, tapi pendek pun OK. Google dirancang untuk memberikan hasil bermutu tinggi bahkan meskipun yang Anda ketikkan hanya satu atau dua patah kata, maka Anda dapat mencari dengan masukkan sesedikit mungkin. Namun, menambahkan beberapa kata sering bias memberikan hasil lebih baik.
Contoh : Ketika mencari informasi tentang pendaftaran ke perguruan tinggi, memasukkan kata admission sesudah nama sebuah universitas sering bias member Anda hasil pencarian lebih relevan.
4. Gunakan tanda kutip jika ketepatan yang Anda butuhkan. Mengetikkan “the search is over” ke dalam Google akan menghasilkan sekumpulan halaman yang tidak berhubungan. Alasan : penambahan tanda kutip di awal dan akhir kumpulan kata berarti meminta Google mencari kumpulan kata yang persis sama dengan yang Anda ketikkan. Itu menjadikan tanda kutip sangat bermanfaat ketika Anda mencari berdasarkan lirik lagu, nama orang, atau ungkapan seperti “to be or not to be” yang termasuk ungkapan sangat umum.
5. Google dapat menjadi kamus. Ketik define diikuti kata apa pun dalam bahasa Inggris ke dalam kotak pencarian, maka Google akan member Anda sebuah definisi yang cepat di bagian atas hasil pencarian.
6. Huruf besar atau huruf kecil sama saja. Anda bias menghemat waktu dalam mengetik karena tidak usah memakai tombol SHIFT. Mengetikkan Queen Elizabeth II dan queen Elizabeth ii memberikan hasil yang sama. Jadi entah Anda memasukkan kata menggunakan huruf besar ataupun huruf kecil, Google memberikan perlakuan yang sama, meskipun Ratu Inggris pasti lebih suka Anda mengetik namanya dengan huruf besar.
Tip bonus : Google mengabaikan kata-kata umum seperti the, and, and, is, of, dan to ketika Anda menggunakannya dalam pencarian tanpa tanda kutip. Menambahkan kata-kata tersebut tidak mengubah atau menyempurnakan hasil pencarian, jadi Anda boleh tidak memakai kata-kata tersebut.

7. Lupakan bentuk jamak atau kata jadian. Google secara otomatis mencari kata dasar, maka Anda tidak perlu melakukan pencarian terpisah untuk dance, dances, dan dancing. Cukup ketik salah satu kata maka Google akan mengerjakan selanjutnya, member Anda hasil-hasil dalam satu daftar.
8. Mencari gambar. Mencari foto Paris Hilton, atau foto Paris Hilton Hotel? Klik “Images” di atas kotak pencarian, ketikkan yang Anda mau, maka Google akan mencarikan foto atau gambar dalam databasenya yang memiliki lebih dari satu miliar gambar. Anda akan memperoleh yang paling sesuai dengan keinginan Anda, lengkap dengan link ke halaman tempat gambar itu muncul.
Tip bonus : Pencarian gambar bisa mengantar Anda ke situs web yang bermanfaat bagi Anda dan mungkin tidak Anda dapatkan melalui pencarian biasa.
9. Peta, petunjuk jalan, dan pemandangan dari satelit cukup dengan satu klik. Cara paling cepat untuk menemukan jalan paling cepat ke tujuan Anda adalah memasukkan nama kota dan negara bagian (atau cukup kode pos) ke dalam kotak pencarian.
Contoh : Ketik Washington dc, maka Google akan menyediakan sebuah link langsung ke layanan peta dan petunjuk jalannya sendiri, maps.google.com, selain ke situs yang dikelola oleh Yahoo dan MapQuest, menjadikan Anda mudah mencari perbandingan atau opini kedua. Di Google Maps, Anda dapat memilih antara peta garis biasa dan citra satelit yang bisa digeser dan diperbesar menggunakan mouse. Anda juga akan menemukan daftar perusahaan setempat.
10. Ke mana Anda akan pergi hari ini? Jika Anda tahu situs Web tertentu yang ingin Anda kunjungi, ketik namanya ke dalam kotak pencarian Google, tekan Enter, dalam sekejap Anda akan berada di sana.
11. Jelajahi rak buku di dunia secara online. Carilah sebuah topik di print.google.com maka Anda akan melihat informasi dari buku-buku actual yang telah dipindai dan diindeks oleh Google dalam databasenya. Anda dapat membuka-buka atau membaca seluruh teks asal karya bersangkutan tidak dilindungi hak cipta; bagi yang lain, Anda boleh membaca halaman yang memuat kata dari pencarian Anda dan mendapatkan informasi tentang di mana bisa membeli buku lengkapnya.
12. Tekan tombol GOOGL di ponsel sewaktu Anda dalam perjalanan. Mendapatkan nomor telepon, petunjuk jalan, jam main bioskop, harga saham, dan sebagainya langsung ke telepon seluler Anda. Kirim sebuah pesan teks berisi pertanyaan Anda ke nomor 46645 (berlaku untuk pengguna di AS) maka mesin pencari akan mengirimkan pesan berisi jawaban dalam seketika.